Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.


Referral Banners

Amsal  27:19 ~ Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

Rabu, 17 November 2010

YHWH


YHWH terdiri dari empat huruf mati, dalam bahasa Yunani disebut "Tetragrammaton". YHWH adalah nama pribadi TUHAN yang paling banyak dipergunakan dalam Kitab Suci. Jumlah pemakaian sekitar 6823 kali (Pratney 1988:437) Menyebut nama YHWH secara tepat adalah sulit bagi umat Israel. Mereka takut keliru melafalkan YHWH karena Musa berpesan agar tidak menyebut YHWH dengan sia-sia (Kel 20:7), sehingga cenderung mengunakan kata Adonai.

Tuhan telah memilih untuk menyatakan diri-Nya secara pribadi kepada manusia. Tuhan sebagai Yang menyatakan diri-Nyasecara pribadi dikenal sebagai YHWH, Tuhan Perjanjian, Sang "AKU", yang senangtiasa hadir mengundang manusia untuk masuk dalam hubungan perjanjian dengan Diri-Nya sendiri.

YHWH bukan hanya menyatakan kehendak, perintah, dan nama-nama-Nya pada umat manusia, namun juga menyatakan diri-Nya sendiri dalam pernyataan pribadi. Alkitab menyatakan YHWH adalah DIA yang secara sempurna mengasihi kita, umat manusia dan memberikan diri-Nya dalam kasih yang bersedia menderita dan menebus. Karena kasih-Nya, DIA berdukacita ketika kita berdukacita, Dia menderita ketika kita menderita, Dia tersakiti oleh dosa kita. Tuhan mengasihi kita secara total.

YHWH , Tuhan Perjanjian yang menjalin hubungan dengan mengundang manusia, DIA adalah Sang Firman. Firman yang begitu ingin menjalin hubungan dengan manusia sebagai ciptaan-Nya, sehingga DIA menjadi manusia. Dia adalah Aku adalah Aku menyatakan pribadi-Nya sebagai Aku adalah:

  1. AKU adalah roti hidup.
  2. AKU adalah Terang dunia.
  3. AKU adalah Pintu (bagi domba-domba)
  4. AKU adalah Gembala yang baik.
  5. AKU adalah Kebangkitan dan Hidup.
  6. AKU adalah Jalan, Kebenaran dan Hidup.
  7. AKU adalah Pokok anggur yang benar.

Tuhan mengundang kita ke dalam hubungan perjanjian dengan Dia sendiri sehingga kita memperoleh persekutuan dengan-Nya dimana kita menjadi manunggal dengan Dia, lihat Yohanes 17:21: " supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku".

YHWH, Tuhan yang berbicara kepada manusia, Dia ingin mengumpulkan manusia bersama dengan-Nya menikmati keselamatan yang kekal dalam kerajaan-Nya. Maukah menyambut tawaran-NYa dan menpercayai-Nya sebagai penyelamat yang sempurna dan kekal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar