Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.


Referral Banners

Amsal  27:19 ~ Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

Sabtu, 05 September 2009

Riwayat Singkat Rut


Latar Belakang

Kisah Ruth ini terjadi ditengah tengah zaman kekerasan yang dikisahkan dalam kitab Hakim-hakim. Suatu masa yang ditandai dengan kebejatan moral, penyembahan berhala dan perang. Rut adalah seorang wanita Moab yang menikah dengan seorang Israel. Ia seorang janda yang dengan penuh ketaatan dan iman, walaupun suaminya sudah meninggal, ia tetap menunjukkan kesetiaannya terhadap Naomi yang berbangsa Israel. Ia telah menetapkan hati untuk mengikuti Allah bangsa Israel, bahkan rela meninggalkan allahnya dan keluarganya di Moab.

Komitmen Rut

  1. pengaruh positif dari mertuanya.
  2. Ketertarikan dan terikatan untuk menyembah Allah Naomi, adanya pengakuan yang tegas dalam mempercayai Allah Naomi. ( Rut 1:16)
  3. Iman Rut bertumbuh karena melihat keteladanan hidup Naomi yang takut akan Tuhan.
  4. Ia menunjukkan cinta kasihnya, memiliki kesetiaan, tekad dan ketetapan hati, berpaut dengan komitmen yang kuat. ( 1:14,16,17)
  5. Memiliki keputusan yang teguh. ( 1:18)
Pengalaman Hidup Rut.
  1. Ia tinggal bersama suaminya selama 10 tahun di Moab. ( 1:4b)
  2. Bekerja di tempat Boas sanak saudara Elimelekh. ( 2:3-23)
  3. Tekun berangkat ke tempat pengirikan Boas ( 3:6-18)
  4. Menikah dengan Boas. ( 4:9-13)
Pergumulan dan tantangan
  1. Ketika ditinggalkan oleh suaminya
  2. Saat menyesuaikan diri di lingkungan baru yakni Bethlehem.
  3. Saat menyesuaikan diri dengan para pekerja ditempat pengirikkan
Kesimpulan

Pada akhir kisah Rut, Rut menikah dengan sanak saudara suaminya. Melalui pernikahan kedua, Rut menjadi nenek buyut dari raja Daud. Kisah dalam hakim hakim menunjukkan kesukaran kesukaran terjadi karena umat Allah meninggalkan Allah, sebaliknya Rut menunjukan berkat berkat yang diberikan Allah kepada orang asing yang meninggalkan agama "Moab" dan berkomitmen kepada Allah Israel. Melalui keturunan Rut lahir seorang Penebus.


Sumber tulisan: Debora dan Lanny.